Lima Langkah Untuk Menguji Ide Startup Anda Untuk Sukses

Lima Langkah Untuk Menguji Ide Startup Anda Untuk Sukses

Sebagai chief business development officer untuk agen pengembangan perangkat lunak internasional, saya berkomunikasi dengan perusahaan rintisan dari seluruh dunia. Berkonsultasi dan membantu mewujudkan segala sesuatu yang mungkin untuk ide yang paling inovatif untuk mencapai pasar adalah bagian dari pekerjaan saya sehari-hari. Saya beruntung melihat bagaimana ide menghasilkan produk yang luar biasa melalui pemantauan startup baru. Sayangnya, tidak semua ide digital baru disambut hangat oleh pengguna saat ini. Adalah umum untuk menemukan kesalahan yang mengakibatkan kegagalan dan kerugian finansial meskipun investasi yang signifikan.

Bagaimana Anda bisa menentukan apakah ide startup akan diterima dengan tangan terbuka atau ditinggalkan?

Saya menyusun panduan lima langkah terperinci yang sebelumnya diterapkan oleh banyak perusahaan yang bermitra dengan Code Inspiration. Meskipun sekilas sederhana, ia menawarkan instruksi tentang cara memvalidasi ide Anda dalam waktu singkat dan dengan investasi minimum.

1. Buat Halaman Arahan

UVP — proposisi nilai unik — harus menjadi inti dari halaman arahan. Rumus dasarnya adalah sebagai berikut: Kami [nama startup] menawarkan [layanan] untuk [audiens target] untuk membantu memecahkan [pernyataan masalah atau rasa sakit]. Poin yang sangat penting di sini adalah membayangkan proyek seolah-olah sudah dibuat. Sisipkan tangkapan layar yang menyoroti fitur unik. Beri tahu calon pengguna Anda apa yang menonjol dalam proyek Anda. Jelaskan bagaimana hal itu dapat memberikan nilai pada kehidupan sehari-hari atau proses mana yang ingin dioptimalkan.

2. Mulai Pra-Pendaftaran

Aspek ini ditujukan untuk mengumpulkan email dari pengguna potensial Anda. Anda dapat membuat pendaftaran untuk bergabung dengan daftar tunggu dan menawarkan hadiah untuk mendaftar. Hadiah biasanya memotivasi pengguna untuk menghabiskan beberapa menit dari waktu berharga mereka untuk membagikan email mereka. Biasanya diberikan dalam bentuk bonus kecil atau bahkan langganan bulan pertama gratis saat produk diluncurkan.

3. Email Konfirmasi

Seperti yang ditunjukkan oleh latihan, mendapatkan pesan kembali setelah mengisi formulir membawa kepercayaan dan kredibilitas. Berikan perhatian khusus pada struktur, desain, dan pesan itu sendiri. Ada beberapa template email yang dapat Anda gunakan untuk menarik perhatian calon pengguna Anda. Jika Anda tidak memiliki keterampilan desain, cobalah layanan untuk non-desainer, seperti Canva atau Desygner.

4. Konten Visual

Berikan perhatian khusus pada konten visual halaman arahan Anda, terutama gambar dan diagram. Tujuannya di sini adalah untuk menyampaikan gagasan utama tentang produk Anda tanpa perlu menulis deskripsi lengkap. Salah satu opsinya adalah menambahkan video yang menjelaskan nilai dan layanan atau produk yang dapat diberikan oleh startup Anda.

5. Promosi

Mulailah mempromosikan produk Anda seolah-olah sudah tayang. Gunakan jejaring sosial, iklan, dan berikan perhatian khusus pada target pengguna potensial Anda. Untuk beberapa produk, cara yang bagus untuk mempromosikan adalah melalui giveaway, untuk yang lain, mungkin lebih masuk akal untuk fokus pada Instagram atau Facebook atau bahkan LinkedIn. Ini semua tergantung pada audiens yang dituju untuk produk yang diberikan.

Satu pertimbangan tambahan adalah mencoba menguji ide Anda melalui platform crowdfunding. Jika orang berinvestasi — itu akan menunjukkan ada permintaan. Jika pengguna siap menghabiskan uang, Anda pasti memiliki awal yang lebih baik daripada banyak pengguna.

Ringkasan

Lima langkah ini memakan waktu sekitar beberapa minggu secara total dan membutuhkan anggaran yang kecil. Setelah selesai dan dipantau, Anda dapat melihat permintaan nyata di pasar, mendapatkan database pengguna potensial Anda dan berpotensi menarik calon investor atau orang yang berpikiran sama.

Sebelum menginvestasikan waktu dan uang, ide itu pasti membutuhkan validasi. Apakah pasar tertarik dengan produk Anda? Apakah akan ada permintaan? Untuk menghindari kekecewaan ketika produk sudah dikembangkan — gunakan panduan ini untuk memastikan ide Anda berada di jalur menuju kesuksesan.

sumber : https://www.forbes.com/sites/forbesbusinessdevelopmentcouncil/2021/08/26/five-steps-to-testing-your-startup-idea-for-success/?sh=3a3a51477927

Post a Comment